ACADEMIC ORIENTATION

Academic Orientation (7 – 18 September 2015)

Academic Orientation (AO) merupakan tahap kedua dari kegiatan FEP. Berbeda dengan GO, di AO ini kita lebih mengarah ke akademik dan kegiatan ini berlangsung selama 2 minggu sebelum masa perkuliahan semester ganjil berlangsung. Selain itu,

kita juga tidak lagi dibimbing oleh para BC selama kegiatan AO berlangsung. Tujuan dari AO sendiri adalah untuk membuat kita mengetahui bagaimana sistem pembelajaran di binus, cara penyampaian materi saat berada di kelas, dan cara belajar yang efektif saat kuliah. Intinya disini kita akan lebih dipersiapkan untuk menghadapi dunia perkuliahan yang sesungguhnya. Karena ini masih dalam masa orientasi, tentu saja pelajaran-pelajaran yang kita pelajari selama AO hanyalah bagian basic-nya saja berdasarkan kurikulum dari tiap jurusan. Sama seperti GO, di AO juga kita mahasiswa baru terbagi menjadi beberapa kelas. Untuk saya sendiri, saya mendapatkan kelas LN01.

 

AO Day 1 (7 Semtember 2015)

Pada hari pertama AO, saya belajar tentang perkenalan Algoritma. Materi tersebut disampaikan oleh Kak Eileen Heriyanni, didampingi dengan 1 Asisten Laboratorium (Aslab). Pada awalnya kita mempelajari dahulu pseudo code, baru kemudian dari pseudo code tersebut diterjemahkan kedalam bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang kita gunakan selama AO adalah Bahasa C, karena merupakan bahasa tingkat sedang sehingga masih bisa di-compile ke bahasa mesin dan masih bisa diterima logika manusia (fleksibel). Selain itu, kita juga diajarkan cara membaca flowchart dan membuat sebuah program sederhana dengan menuliskan pseudo code, I/O Table, dan juga flowchart. Untungnya saya masih bisa memahami apa yang dijelaskan Kak Eileen pada hari itu karena saya sebelumnya belum pernah belajar algoritma dan kawan-kawannya. Pada saat sebelum pulang, ada satu kakak Aslab yang memberikan kita informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran Aslab, benefit kalau kita keterima sebagai Aslab, dsb.

 

AO Day 2 (8 September 2015)

Di hari kedua GO, dosen yang mengajar kelas saya pada hari itu adalah Pak Widodo Budiharto. Saya belajar tentang cara belajar yang baik dan benar di perkuliahan. Salah satunya adalah cara membaca yang efektif dan efisien, yaitu dengan metode skimming. Setelah itu kami diperlihatkan sebuah contoh mind map yang berguna untuk mempermudah kami dalam memahami suatu materi. Di sesi akhir kami pun disuruh membuat sebuah mind map. Sebelum sesi kedua berakhir, kami diberikan tugas oleh Pak Widodo membuat sebuah blog yang berisikan tentang artikel pengalaman kami saat kegiatan FEP berlangsung. Apa yang sedang saya post sekarang ini adalah salah satu tugasnya loh. 🙂

 

AO Day 3 & 4 (10 & 14 September 2015)

Pada AO hari ketiga dan keempat, kami me-review materi yang sudah diajarkan pada pertemuan pertama dan melanjutkan pelajaran algoritma kami, yaitu tentang compare dan repetition. Di pertemuan keempat, kami mendapatkan pelajaran sederhana Bahasa C. Dosen yang mengajar pada hari itu tetap Kak Eileen. Setelah kami telah mendapatkan semua materinya, kami diberikan berbagai macam exercise untuk dikerjakan. Pada pertemuan ketiga saya mengalami berbagai kesulitan dalam memahami konsep algoritma tersebut, namun saya berusaha memahaminya sebisa mungkin dan puji Tuhan pada pertemuan keempat saya sudah tidak terlalu bingung.

 

AO Day 5 (15 September 2015)

Di hari berikutnya, saya mendapatkan materi introduction to technology information di ruang 521 kampus Anggrek. Materi tersebut dibawakan oleh Pak Widodo. Di dalam materi ini dijelaskan secara umum mengenai teknologi informasi. Materi-materi yang akan disampaikan pada hari tersebut antara lain:

  • The components of a computer
  • Advantages and disadvantages of using computer
  • Network and the Internet
  • Categories of computers
  • Computer usage and application in society
  • Discussion : Computer usage, and Apple
  • Evolution of Internet
  • The World Wide Web
  • Internet Services
  • Netiquette

 

AO Day 6 (16 September 2015)

Di AO hari keenam ini, saya hanya mendapatkan kurikulum. Tempatnya berlangsung di auditorium pada pukul 1 sampai dengan 5 sore dan dibawakan oleh Deputy Head of Program – Alam Sutera Campus, yaitu Ibu Violitta Yesmaya, S.Kom., MTI karena Ibu Yen Lina, selaku Head of Program – Computer Science berhalangan hadir pada hari itu. Melalui materi kurikulum ini, saya dapat mengetahui apa saja yang akan saya pelajari secara keseluruhan di jurusan Teknik Informatika. Selain mata kuliah, saya juga dapat mengetahui program yang dirancang oleh Binus untuk Binusian 2019.

AO Day 7 (17 September 2015)

Hari terakhir AO menurut saya merupakan hari yang paling melelahkan karena saya kedapatan 3 shift dalam 1 hari. Selain itu, di hari terakhir AO ini diadakan ujian yang terdiri dari 5 soal coding dan 1 soal idea competition di ruang 625 kampus Anggrek. Namun sebelum saya mengikuti ujian tersebut, saya mendapatkan materi academic advisory di ruang 402, materi yang berhubungan dosen pembimbing akademik. Berhubung kelompok saya belum menemukan dosen pembimbing, jadi sampai sekarang saya belum tahu siapa dosen pembimbing saya. Pada pukul 11 siang ujian perdana saya di Binus pun dimulai dan saya merasa sangat gugup karena pada awalnya saya tidak bisa mengerjakan satu soal pun. Puji Tuhan pada akhirnya saya berhasil mengerjakan 3 dari 5 soal coding. 😀

Lalu setelah ujian berakhir, saya kembali ke ruang 402 untuk mendapatkan materi support center for your success, yaitu pengenalan pada support center yang merupakan mediator kita dalam hal bimbingan bisnis, baik entrepreneur maupun technopreneur. Contohnya jika kita ingin menjadi entrepreneur, kita dapat konsultasi ke SSC bagaimana cara mengembangkan usaha kita supaya dapat maju nantinya. Selain itu, dijelaskan juga mengenai fasilitas-fasilitas pendukung yang terdapat di Binus yang dapat mendukung kesuksesan kita sebagai Binusian selama kuliah (contohnya Binus Maya, Library, Binus TV, dll.). Kemudian yang terakhir dijelaskan juga program-program yang ada di International Office (IO) Binus, seperti summer class, student exchange, dan short course program.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply