GENERAL ORIENTATION

General Orientation ( 3 – 8 Agustus 2015 )

General Orientation (GO) merupakan tahap pertama dari kegiatan FEP. GO dilaksanakan selama 6 hari, mulai dari hari Senin hingga hari Sabtu. GO terbagi dalam beberapa batch, dan didalam satu batch terbagi lagi menjadi beberapa kelas berdasarkan jurusan masing-masing.

Saya sendiri mendapatkan batch kedua di kelas BBN03. Selama kegiatan GO berlangsung, kami para Binusian 2019 disebut sebagai “Buddy” dan dibimbing oleh para Buddy Coordinator (BC). Pada masa GO ini kami diperkenalkan lebih lanjut mengenai apa itu Binus University, mulai dari sejarah, kehidupan perkuliahan, hingga tata-tertib yang ada di Binus University.

 

Hari pertama GO dimulai dengan briefing di kelas K1B kampus Syahdan. Saya merasa sangat gugup dan kaget pada saat masuk kelas karena saya tidak mengira kalau jumlah mahasiswi jurusan Teknik Informatika sangatlah sedikit, jauh lebih sedikit dari yang saya duga. Namun saya berusaha untuk tetap tenang dan fokus mendengarkan apa yang dikatakan para BC. Hari pertama diawali dengan perkenalan diri para BC, yang kemudian dilanjutkan dengan perkenalan singkat setiap Buddy. Setelah itu, kami disuruh untuk memilih Komti dan Wakomti (semacam pemilihan ketua dan wakil ketua kelas) selama periode GO. Sesudah pemilihan Komti dan Wakomti, kami diajarkan menyanyi lagu Mars Bina Nusantara, Mars Binusian, dan latihan gerakan dance yel-yel Buddy untuk kegiatan kebersamaan pada hari terakhir GO, serta membuat yel-yel kelas. Kemudian kami dibagi menjadi 8 kelompok untuk saling berkenalan satu sama lain dan bermain games. Lalu kami dibacakan tata tertib kegiatan GO dan diajarkan cara tapping yang benar menggunakan Binusian ID Card untuk absensi. Hari pertama diakhiri dengan sesi tanya jawab mengenai tips and trick dalam menjalani kehidupan perkuliahan di Binus dan pengalaman para BC selama kuliah di Binus.

 

Hari kedua GO dilaksanakan di kampus Anggrek. Pada sesi pertama, kami mendapatkan materi Binus Way yang dibawakan secara langsung oleh Bapak Andreas Chang, selaku wakil rektor III. Sesi ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami tentang visi misi Binus, poin SAT (Student Activity Transcript), Global EES, Graduate Attributes, serta tantangan global yang akan datang sehingga kami dapat menjadi Binusian yang berprestasi, baik dalam segi hard skill maupun soft skill. Selain itu kami juga mendapatkan materi Binus Maya di sesi terakhir, yang menurut saya materi yang paling penting dari seluruh kegiatan GO. Di sesi Binus Maya, yang biasa disebut “Bimay”, kami diajarkan cara melihat jadwal kelas, message, registrasi, forum, dll. Sesi Bimay diakhiri dengan pengenalan singkat bahasa C yang diajarkan oleh salah satu BC.

 

Hari ketiga kami menjalankan GO, kami hanya mengikuti sesi Binusian Journey. Di sesi tersebut, kami akan mengetahui proses-proses yang akan dilalui selama kami kuliah di Binus, mengetahui rincian poin SAT sebagai syarat untuk mengambil skripsi, dan memahami cara meningkatkan Global EES (Global Employability and Entrepreneurial Skills) sebagai salah satu atribut kelulusan Binus University, yang dibawakan oleh salah satu BC.

 

Hari keempat GO diawali dengan sesi Bunga Rampai, sesi dimana kami akan diperlihatkan berbagai organisasi kemahasiswaan baik UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) maupun HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) beserta visi misi dari setiap organisasi tersebut. Pada sesi kedua, kami mendapatkan materi perkuliahan, ujian, dan registrasi. Dari sesi tersebut, kami mengetahui bagaimana cara mendownload KMK, melihat jadwal ujian, dll.

 

Hari kelima dimulai dengan sesi kerohanian, dimana para Buddy dikelompokkan berdasarkan agama masing-masing dan dilaksanakan di tempat yang berbeda-beda. Setelah itu, sesi selanjutnya adalah Sukses Kuliah dan Aturan Tata Tertib Kehidupan Kampus. Di sesi ini kami diberi berbagai tips untuk sukses kuliah dan memahami peraturan yang ada di Binus.

 

Hari terakhir GO diawali dengan sesi kebersamaan, yaitu sesi dimana kami tiap batch dibagi menjadi 2 bagian, dan karena saya masuk kelas BBN03, saya mendapatkan bersama dengan kelas BBN01 sampai dengan BBN10 di parkir selatan kampus Syahdan. Di sesi itulah kami bersama-sama menunjukkan yel-yel kelas kami masing-masing, lalu dilanjutkan dengan yel-yel Buddy secara serentak. Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan EXPO, dimana kami para Binusian 2019 dapat mengetahui lebih lanjut tentang setiap UKM yang ada di Binus dan dapat langsung mendaftar UKM yang diinginkan. Untuk saya sendiri, saya memilih UKM CSC (Cyber Security Community) dan KMBD (Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana).

 

Akhirnya kegiatan GO pun selesai dan akan dilanjutkan dengan peresmian mahasiswa baru sebagai Binusian 2019 (Inaugurasi) di JCC pada tanggal 3 September. Setelah itu akan dilanjutkan juga dengan kegiatan FEP bagian kedua, yaitu Academic Orientation (AO) yang akan dilaksanakan pada tanggal 7-18 September 2015. Banyak sekali pengalaman dan informasi yang saya dapatkan pada kegiatan GO ini. Tak hanya itu, saya pun juga mendapatkan banyak teman baru dan belajar bersosialisasi selama kegiatan GO berlangsung. Saya merasa bersyukur bisa mendapatkan teman sekelas dan kakak-kakak BC yang sangat baik dan rendah hati. 🙂

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply