DV RUN 2016: Unleash The Hero In You!

Logo TFI

 

Nama Lengkap : Juvita
NIM : 1901476176
Jurusan : Teknik Informatika

 

Pada hari Minggu tanggal 4 Desember 2016 yang lalu, saya mengikuti salah satu acara yang diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana (KMBD) yaitu DV RUN 2016 . DV RUN merupakan acara 5k Charity Run dan UMKM Expo yang bertemakan “Unleash the Hero in You!”. DV RUN berlangsung di Pasar Seni, Taman Impian Jaya Ancol dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Tujuan diselenggarakannya DV RUN adalah untuk merayakan hari Pahlawan dan Hari Anak Internasional dan untuk mendukung Rumah Singgah Bina Anak Pertiwi dan Yayasan Sahabat Anak yang memperjuangkan hak anak-anak, khususnya anak jalanan dan anak marginal.

 

Saya berangkat menuju Pasar Seni bersama teman-teman saya menggunakan kendaraan pribadi pada pukul 05.30. Setibanya disana, saya bersama teman-teman saya mengambil foto bersama terlebih dahulu sebagai salah satu bentuk dokumentasi sebelum kegiatan dimulai. Kemudian, kami menuju ke tenda karena cuaca hujan. Di tenda tersebut, ada instruktur yang memimpin pemanasan bersama sekitar pukul 07.00. Setelah itu, kami langsung bersiap-siap menuju titik awal lari yang telah ditentukan dan hujan pun mulai reda.

 

Rute lari yang harus dilewati adalah Pasar Seni Ancol – Atlantis Water Adventure – Monumen Ancol – Le Bridge – Ocean Dream Samudra – Pasar Seni Ancol. Dalam setiap km, terdapat panitia dan volunteer DV RUN yang bertugas dalam mengawasi kelancaran acara dan memberikan semangat kepada peserta acara. Pada saat para peserta melewati rute-rute tersebut, terdapat Water Station dua buah rintangan yang masing-masing diberi nama “The Loop of Hero” dan “Flash Path + Spiked Bamboo Front” yang bertujuan membuat acara lari tersebut menjadi tidak monoton. Saya bersama sebagian teman saya mencapai garis finish lari sekitar pukul 08.40 dan memperoleh medali karena telah berhasil mencapai titik akhir sebelum waktu yang telah ditentukan, yaitu pukul 09.00. Kemudian saya beserta teman saya dikalungkan medali oleh anak-anak dari Yayasan Sahabat Anak.

 

Setelah acara lari berakhir, DV RUN dimeriahkan dengan berbagai performance yang dilaksanakan di sekitar tenda tempat kami berkumpul untuk melakukan pemanasan bersama, yaitu Pasar Seni Ancol. Performance tersebut dibawakan oleh DJ Ananta Vinnie dan para performer dari Rumah Singgah Bina Anak Pertiwi. Para peserta dapat Meet & Greet dengan salah satu bintang tamu yaitu Patricia Gouw. Selain berbagai performance juga terdapat berbagai games, doorprize, photobooth, dan stand-stand yang memeriahkan acara DV RUN. Acara DV RUN pun berakhir pada pukul 15.00.

 

Saya mendaftarkan diri menjadi peserta DV RUN karena saya ingin berolahraga bersama teman-teman saya dan berkesempatan beramal kepada anak-anak jalanan melalui acara ini. Selain itu, saya juga termotivasi oleh quotes yang tertera di poster digital DV RUN yaitu “Every day is a chance to be a blessing in someone else’s life.” Dengan quotes tersebut, saya berharap bisa menjadi orang yang lebih peduli terhadap sesama yang membutuhkan uluran tangan, khususnya kepada anak-anak jalanan dan aktivis-aktivis sosial.

 

Melalui acara DV RUN, saya mendapatkan hal-hal baru yang sebelumnya belum pernah saya dapatkan. Pelajaran yang saya dapatkan adalah membantu sesama tidak hanya dapat dilakukan dengan memberikan uang saja, melainkan dapat melalui hal yang menyenangkan, contohnya acara DV RUN. Hal-hal kecil yang kita lakukan akan berdampak besar bagi orang lain apabila kita melakukannya bersama-sama. Selain itu, perasaan bahagia saat menolong seseorang akan membuat kita menghasilkan sesuatu yang jauh lebih bernilai dari sesuatu yang kita berikan saat menolong orang lain karena bahagia itu sederhana.

 

Kepada teman-teman anak jalanan, ketika kalian terhimpit, janganlah menjerit. Jangan berkeluh kesah, seakan kalian sudah putus asa. Berdoalah dengan penuh keyakinan dan mintalah jalan keluar. Bukalah mata dan mulailah mencari karena tantangan adalah permainan dan kata-kata motivasi adalah taktiknya. Ketika kata-kata motivasi hidup kuat dalam diri kalian, tantangan justru akan menjadi kesempatan bagi kalian. Kesempatan untuk menemukan kekuatan yang lebih baik dalam diri kita muncul ketika hidup terlihat sangat menantang. Semoga kalian tetap semangat dan pantang menyerah dalam menjalani hidup, doa kami akan selalu beserta kalian.

 

Kepada teman-teman aktivis sosial untuk anak jalanan, apa yang telah kalian lakukan untuk memperjuangkan hak anak-anak jalanan merupakan tindakan yang mulia. Semoga apa yang kalian lakukan dapat memberikan dampak positif kepada anak jalanan dan dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat. Semoga karma baik akan selalu memberkati teman-teman aktivis sosial.

 

Berikut ini adalah foto-foto yang dapat saya paparkan selama saya mengikuti acara DV RUN:

IMG_0322  IMG_0323  IMG_0329

 

IMG_0441  IMG_0331  IMG_0440

 

postimage  IMG_0352  IMG_0376

 

*Keterangan foto :
Bagian atas: Foto sebelum berlari dan pemanasan bersama,
Bagian tengah: Foto waktu berlari dan acara performance dari Rumah Singgah Bina Anak Pertiwi,
Bagian bawah: Foto setelah berlari.

 

Informasi tentang Anak Jalanan di Indonesia beserta bantuan yang dapat masyarakat berikan kepada anak jalanan

 

Tunawisma. Masalah tunawisma(anak jalanan) dan pengemis saat ini masih saja jadi beban pembangunan nasional. Oleh karena itu peran pemerintah dan masyarakat untuk menanggulangi permasalahan ini secara bersama-sama. Salah satu cara yang paling ampuh selain dengan gerakan yang nyata, beberapa dorongan untuk pergerakan itu harus disampaikan lewat beberapa film nyata seputar masalah sosial.

 

Populasi Gelandangan, Pengemis dan Pemulung secara nasional terlihat naik turun menurut  Pusat data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Sosial lima tahun terakhir tahun 2007 berjumlah 61.090 dan pada tahun 2011 berjumlah 194.908 ada kenaikan 17% penyebab banyaknya gelandangan dan pengemis di kota besar, bukan melulu korban dari tidak adanya lapangan pekerjaan, tetapi juga dari faktor tidak adanya keinginan untuk berusaha dan ketidak memilikinya keterampilan, dan pada kenyataannya banyak kita lihat gelandangan yang justru masih mampu untuk berusaha.

 

Klik tautan berikut untuk informasi lebih lengkap: Informasi Anak Jalanan di Indonesia

 

Dari tautan tersebut, dapat disimpulkan bahwa jumlah anak jalanan di Indonesia sangatlah banyak dan terus mengalami peningkatan. Pemerintah telah mencanangkan berbagai macam program untuk mengurangi populasi dan melindungi nasib para tunawisma. Supaya masalah tunawisma tidak semakin memburuk, alangkah baiknya kita sebagai masyarakat Indonesia turut serta membantu mengurangi masalah ini. Contohnya, kita dapat berdana kepada yang membutuhkan, dapat berupa uang ataupun kebutuhan pokok. Selain itu, kita juga dapat mengikuti berbagai macam kegiatan volunteer atau turut serta berpartisipasi dalam acara-acara kegiatan sosial seperti DV RUN.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply